BerandaPenulisHubungiMasuk
Cara Mendaftar NPWP Secara Online

Cara Mendaftar NPWP Secara Online

Oleh Redaksi PajakInd
04 November 2020
2 menit membaca

Dengan segala kecanggihan teknologi sekarang ini, Wajib Pajak bisa mendapatkan NPWP hanya dengan duduk santai di depan laptop atau computer lalu mendaftar NPWP lewat jalur online. Lewat jalur online Wajib Pajak dipermudahkan mendaftar jika tempat tinggal Wajib Pajak jauh dari domisili yang tercantum di KTP Wajib Pajak. Dirjen Pajak memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak untuk mengurus NPWP secara online melalui situs www.pajak.go.id. Langkah-langkah yang perlu Wajib Pajak lakukan untuk mendaftar NPWP secara online adalah sebagai berikut:

  1. Dokumen sebagai Syarat Membuat NPWP

    • Fotokopi KTP atau SIM untuk WNI, bagi WNA bisa menyiapkan fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal (dokumen ini diperlukan untuk Wajib Pajak non usahawan). Untuk Wajib Pajak Pribadi Pengusaha memerlukan dokumen tambahan yaitu surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerja bebas dari instansi yang berwenang.
    • Fotokopi Kartu NPWP suami, kartu keluarga, dan fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami bagi wanita kawin yang dikenai pajk terpisah dari suaminya.
  2. Mendaftar NPWP Online Jika semua dokumen dan syarat telah dipenuhi, maka langsung saja mendaftar secara online dengan langkah-langkah sebagai berikut:

    - Masuk ke situs www.pajak.go.id
    - Pilih e-Regritation
    - Untuk yang ingin mendaftar, klik daftar. Setelah itu bisa mengisi kolom nama, alamat email, password, dan data yang lain dengan lengkap kemudian klik save
    - Kemudian Wajib Pajak bisa mengaktifasi akun yang telah dibuat tadi dengan cara membuka email yang Wajib Pajak daftarkan sebelumnya, kemudian buka inbox dari Dirjen Pajak lalu tinggal mengikuti petunjuk yang ada pada inbox tersebut
    
  3. Login dan Isi Formulir Permohonan NPWP Setelah aktivasi berhasil dilakukan, Wajib Pajak bisa login dengan memasukkan email dan password yang telah Wajib Pajak daftarkan. Login ke akun pada melalui link yang terdapat pada email yang dikirimkan Dirjen Pajak sebagai bentuk konfirmasi aktivasi. Setelah login Wajib Pajak tinggal mengisi formulir pendaftaran yang ada di laman tersebut dengan lengkap dan benar. Setelah selesai mengisi formulir, klik tombol “Token” (kode rahasia) yang ada pada dashboard kemuadian cek email Wajib Pajak.

  4. Klik Tombol Daftar Setelah mendapatkan email yang berisi “Token”, lalu copy- paste token di email tersebut dan masuk kembali ke menu dashboard dan paste kode token tersebut di kolom “Token”. Setelah itu, klik “kirim permohonan”. Jika sudah Wajib Pajak isi dengan lengkap, wajib Pajak klik tombol “daftar” dan formulir tersebut otomatis terkirim ke KPP tempat Wajib Pajak terdaftar.

  5. Setelah 4 langkah diatas selesai, Wajib Pajak dapat mencetak dokumen yang ada pada layar komputer. Dokumen yang harus Wajib Pajak cetak adalah Formulir Registrasi wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara, setelah itu Wajib Pajak wajib menandatangani formulir tersebut, setelah itu tinggal scan dokumen yang diperlukan kemudian Wajib Pajak dapat mengirimkannya dalam bentuk file melalui aplikasi e-Registration.

  6. Menunggu Pengajuan Permohonan NPWP Setelah semua langkah di atas, hal selanjutnya adalah wajib Pajak menunggu apakah pengajuan permohonan NPWP Wajib Pajak diterima atau ditolak. Wajib Pajak bisa cek melalui email atau bisa cek di history pendaftaran aplikasi e-Registration. Jika pendaftaran berlangsung tanpa kendala, Kartu NPWP akan dikirim kurang lebih 14 hari. Jika setelah periode tersebut, belum juga mendapatkan Kartu NPWP, kemungkinan terdapat dokumen-dokumen yang belum dilengkapi atau dianggap tidak sah. Silahkan daftar NPWP online kembali atau telepon ke KPP tempat anda terdaftar untuk informasi lebih lanjut.


Tagar

npwp

Redaksi PajakInd

Tim Penulis di PajakInd
© 2022, PT Solusi Anak Negeri.

PajakInd

Unduh Aplikasi PajakIndInformasi Tax Amnesty Kedua

Media Sosial