BerandaPenulisHubungi

Kode Error e-Faktur 1.0, Penyebab Serta Cara Mengatasinya

Oleh Redaksi PajakInd
Diterbitkan di E-Faktur
June 11, 2021
15 mnt membaca

Saat bekerja menggunakan e-Faktur, seringkali kita menemui kendala, Kendala yang dimaksud ialah kendala pada saat penggunaan e-Faktur yang dapat disebabkan oleh berbagai hal dan dibedakan berdasarkan kode error yang ditampilkan pada aplikasi.

error e-faktur 1.0

Pesan kode error e-Faktur biasanya menggunakan bahasa komputer yang tentu saja berbeda dengan bahasa pajak. Anda akan dihadapkan dengan bahasa yang tak lazim tersebut pada saat bersentuhan langsung dengan aplikasi e-Faktur dekstop. Bahasa tersebut biasanya akan muncul pada layar monitor Anda bersamaan dengan pesan dan kode error e-Faktur, atau Anda bisa melihatnya langsung pada dashboard faktur pajak keluaran dan masukan Anda. Lalu apa saja penyebab kendala tersebut? dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut terdapat daftar kode error e-Faktur (ETAX,ETAX-SERVICE,ETAX-API) yang sering dialami oleh PKP, lengkap dengan penyebab dan solusinnya.

Daftar Kode Error e-Faktur

I. Kode Error e-Faktur 1.0 Kategori ETAX

  1. Kode Error : ETAX 10001 Deskripsi Error: Error Database Penyebab : a. File di dalam folder db corrupt atau hilang (contoh: corrupt melakukan copy database saat aplikasi menyala). b. Didalam folder db tidak tersedia folder ETaxInvoice atau terdapat folder selain folder ETaxInvoice yang tidak dibuat dari proses tambah database. c. Versi aplika si tidak sama dengan versi db d. PC server PKPmati/Database belum di-start sebagai server (dalam hal menggunakan konfigurasi network db). Cara Mengatasi : a. Pastikan folder db ETaxInvoice terdapat folder log, seg0 dan tmp serta file db.lck, README_D0_NOT_TOUCH_FILE, dan service.properties. b. Pastikan folder db berisi folder ETaxInvoice dengan isi folder sesuai pada nomor 1 dan tidak ada folder selain ETaxInvoice yang ditambahkan sendiri. c.Jalankan aplikasi saat terhubung dengan internet untuk dapat melakukan update database aplikasi. d. Pastikan PC Server menyala dan aplikasi e-Faktur lakukan start database sebagai server dari menu File>Administrasi Db dan tekan tombol start Db sebagai server.

  2. Kode Error : ETAX-10002 Deskripsi Error : Tidak dapat mengambil data Penyebab : Koneksi antara server dan client terputus (Network Database) Solusi : Pastikan PC Server dan Client terkoneksi dengan baik. Tutup aplikasi di Client, koneksi kembali ke Server dan kemudian ulangi proses.

  3. Kode Error: ETAX-10003 Deskripsi Error: Input ke database tidak berhasil cek kembali data yang akan diinput. Penyebab : Koneksi antara server dan client (network database) terputus. Solusi : Passtikan PC server dan client terkoneksi dengan baik, kemudian ulangi proses.

  4. Kode Error : ETAX10004 Deskripsi Error : Data tidak ditemukan

  5. Kode Error : ETAX 10005 Deskripsi Error : Database tidak ditemukan Penyebab : Beberapa kemungkinan yang terjadi antara lain folder Db terhapus, terkena virus yang menyebabkan aplikasi tidak menemukan posisi database e-Faktur. Solusi : Pastikan database e-Faktur terdapat dalam folde Db aplikasi.

  6. Kode Error : ETAX-10006 Deskripsi Error : Tidak dapat start database sebagai network server Penyebab : Port yang digunakan untuk koneksi database belum dibuka Solusi : Pastikan port yang dipakai untuk koneksi database telah dibuka

  7. Kode Error : ETAX-20001 Deskripsi Error : NPWP tidak lengkap Penyebab : a. Merekam atau mengimpor referensi lawan transaksi dengan isian NPWP kurang dari 15 digit b. Merekam atau mengimpor faktur atau dokumen lain dengan isian NPWP lawan transaksi null atau kurang dari 15 digit. Solusi : Isikan NPWP dengan benar baik di form inputan maupun di file csv yang akan diimpor.

  8. Kode Error : ETAX-20002 Deskripsi Error : Nomor Faktur sudah terdaftar Penyebab : Merekam/mengimpor faktur dengan nomor faktur yang sudah pernah diinput sebelumnya Solusi : Gunakan nomor faktur lain yang belum digunakan

  9. Kode Error : ETAX-20003 Deskripsi Error : Nomor faktur tidak ditemukan Penyebab : a. Meretur faktur eTAX yang belum terapprove b. Merekam/impor dokumen lain pengganti untuk dokumen lain yang belum pernah diinput ke database lokal. Solusi : a. Cek kembali di range nomor faktur apakah nomor tersebut memang ada atau tidak. b. Periksa apakah nomor faktur tersebut pernah diinput di e-Faktur desktop Anda.

  10. Kode Error :ETAX-20004 Deskripsi Error : Format angka salah Penyebab : Isian data tidak sesuai dengan format yang ditentukan. Solusi : a. Isi kolom DPP, PPN, PPnBM, harga, jumlah barang, diskon dengan angka. b. Jika ada nilai pecahan, gunakan karakter titik sebagai pemisah pecahan untuk karakter koma sebagai tanda pemisah pecahan untuk input dari interface.

  11. Kode Error : ETAX-20005 Deskripsi Error : Format NPWP tidak sesuai Penyebab : Isian data NPWP tidak sesuai dengan format dan/atau tidak sesuai dengan cek digit. Solusi :Isikan NPWP dengan angka 15 digit dan benar.

  12. Kode Error : ETAX-20006 Deskripsi Error : Format tanggal salah Penyebab :Isian data tanggal tidak sesuai dengan format yang ditentukan Solusi : Isikan tanggal sesuai dengan format yang ditentukan yaitu tanggal/bulan/tahun.

  13. Kode Error : ETAX-20007 Deskripsi Error : Nomor Faktur tidak lengkap Penyebab : Format Nomor Seri Faktur Pajak tidak sesuai dengan format yang ditentukan. Solusi : Lakukan cek ulang atas Nomor Seri Faktur Pajak yang direkam pada referensi NSFP.

  14. Kode Error : ETAX-20008 Deskripsi Error : Error Validasi Penyebab : a. Tidak mengisi kolom yang wajib diisi. b. Data inputan tidak sesuai dengan format yang ditentukan. Solusi : a. Pastikan mengisi semua kolom yang wajib diisi. b. Isikan data sesuai format pengisian.

  15. Kode Error : ETAX-20009 Deskripsi Error : Lawan transaksi terpakai sebagai referensi Penyebab : Sudah jelas Solusi : Periksa kembali data lawan transaksi Anda.

  16. Kode Error : ETAX-20010 Deskripsi Error : Barang/Jasa terpakai sebagai referensi di Faktur Penyebab : Sudah jelas. Solusi : Periksa kembali data barang/jasa Anda.

  17. Kode Error : ETAX-20011 Deskripsi Error : Tidak dapat mengunggah faktur Penyebab : Sudah jelas Solusi : Coba unggah faktur kembali.

  18. Kode Error : ETAX-20012 Deskripsi Error : NPWP terdaftar Penyebab : Sudah jelas. Solusi : Periksa kembali data NPWP

  19. Kode Error : ETAX-20013 Deskripsi Error : Lawan transaksi tidak lengkap Penyebab : a. Kolom pertama Baris LT pada file csv tidak memakai diisi LT. b. Kolom isian pada baris LT kurang atau format isi data nya tidak sama dengan skema impor Solusi : Periksa file CSV, cek kolom dan isian data pada baris LT. Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP.

  20. Kode Error : ETAX-20014 Deskripsi Error : Belum memasukkan pilihan. Penyebab :Mengklik tombol buka SPT tanpa memilih SPT yang akan dibuka Solusi : Untuk membuka SPT, klik baris SPT yang akan dibuka kemudian tekan tombol “Buka SPT” untuk diubah

  21. Kode Error : ETAX-20015 Deskripsi Error : Belum memasukkan pilihan Penyebab :Mengklik tombol buka SPT tanpa memilih SPT yang akan dibuka Solusi : Periksa kembali range nomor faktur. Pastikan range yang akan direkam belum ada di daftar referensi range nomor faktur.

  22. Kode Error : ETAX-20016 Deskripsi Error : Range nomor faktur sudah terdaftar Penyebab : Menginputkan referensi range nomor faktur yang sama atau beririsan dengan salah satu range nomor faktur yang sudah direkam. Solusi : Periksa kembali range nomor faktur. Pastikan range yang akan direkam belum ada di daftar referensi range nomor faktur.

  23. Kode Error : ETAX-20017 Deskripsi Error : Nomor faktur tidak termasuk dalam range Referensi Nomor Faktur. Penyebab : Merekam atau mengimpor faktur keluaran dengan nomor yang tidak ada dalam range di referensi nomor faktur. Solusi : Periksa kembali nomor faktur yang digunakan dan pastikan nomor faktur tersebut berada dalam range di referensi nomor faktur.

  24. Kode Error : ETAX-20018 Deskripsi Error : Range Nomor Faktur tidak tersedia, daftarkan referensi Nomor Faktur terlebih dahulu. Penyebab : a. Belum menginputkan range nomor faktur. b. Nomor faktur yang terpakai sudah sampai ke range nomor terakhir yang ada. Solusi : a. Inputkan range nomor faktur yang diperoleh dari KPP. b. Dalam hal nomor merekam faktur dengan nomor yang terlewat dan masih di dalam range, klik OK pada Error dan lanjutkan rekam faktur dengan mengisi 8 digit nomor seri secara manual atau bisa dengan melakukan impor.

  25. Kode Error : ETAX-20019 Deskripsi Error : Tidak bisa mengubah data. Data yang dihapus akan dipakai sebagai referensi. Penyebab :Menghapus data refernsi lawan transaksi atau barang/jasa yang sudah pernah dipakai dalam pembuatan faktur pajak. Solusi : Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus.

  26. Kode Error : ETAX-20020 Deskripsi Error : Kode Barang/Jasa sudah terdaftaer tidak dapat memakai Kodde yang sama. Penyebab : Merekam/mengimpor data barang dengan nama barang yang sudah ada di referensi barang/jasa. Solusi : Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus.

  27. Kode Error : ETAX-20021 Deskripsi Error : Nama barang/jasa sudah terdaftar tidak dapat memakai Nama yang sama Penyebab : Merekam/impor data barang dengan nama barang yang sudah ada di referensi barang/jasa. Solusi : Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus.

  28. Kode Error : ETAX-20022 Deskripsi Error : Barang/jasa tidak lengkap. Penyebab : a. Baris OF pada file csv tidak memakai flag OF. b. Kolom isian pada baris OF kurang atau format isi data nya tidak sesuai dengan skema impor. Solusi : Periksa file CSV, cek kolom dan isian data pada baris OF. Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP.

  29. Kode Error : ETAX-20023 Deskripsi Error : Format faktur salah Penyebab :format isian data csv yang diimpor tidak sesuai dengan skema impor dari DJP. Solusi : a. Periksa kembali file csv dan pastikan isian data telah sesuai dengan skema impor DJP. b. Periksa karakter pemisah (delimeter) yang dipakai, pastikan karakter pemisah pada form Impor sama dengan karakter pemisah di file CSV.

  30. Kode Error : ETAX-20024 Deskripsi Error : Masa faktur tidak boleh kurang dari tanggal faktur. Penyebab : Merekam/impor faktur dengan isian masa kurang dari bulan tanggal faktur. Solusi : Pastikan masa pelaporan faktur keluaran pada form Input Faktur atau pada file csv impor diisi dengan benar.

  31. Kode Error : ETAX-20025 Deskripsi Error : Masa faktur melebihi batas ketentuan pelaporan faktur pajak. Penyebab : Merekam/mengimpor faktur pajak masukan dengan isian lebih dari 3 bulan dari tanggal faktur. Solusi : Periksa masa pelaporan faktur masukan, pastikan masa lapor tidak lebih 3 bulan dari tanggal faktur.

  32. Kode Error : ETAX- 20026 Deskripsi Error :Flag pengganti tidak sesuai dengan format. Penyebab : Kolom fg_pengganti di skema impor diisi selain angka 0 dan 1 Solusi : Isikan kolom fg_pengganti dengan: a. 0 untuk faktur normal. b. 1 untuk faktur pengganti

  33. Kode Error : ETAX-20027 Deskripsi Error :Tanggal afktur pengganti tidak boleh kurang dari Fktru Pajak. Penyebab : Tanggal faktur pengganti kurang dari tanggal faktur pajak yang diganti. Solusi :Tanggal faktur pajak pengganti minimal sama dengan tanggal faktur pajak yang diganti.

  34. Kode Error :ETAX-20028 Deskripsi Error : Jumlah DPP,PPN,PPnBM Objek Faktur tidak sama dengan nilai faktur. Penyebab :Nilai jumlah DPP, PPN, dan PPnBM pada baris FK tidak sama dengan total nilai DPP, PPN, dan PPnBM pada baris OF. Solusi : Cek file CSV. Kolom jumlah DPP/Jumlah PPnBM baris FK nilainya harus sama dengan total nilai DPP/PPN/PPnBM pada baris Ofnya.

  35. Kode Error :ETAX-20029 Deskripsi Error : Masa faktur lebih besar dari tanggal ETAXReady, Faktur harus direkam dengan ETax Invoice. Penyebab : Merekam retur manual untuk Faktur Pajak keluaran yang seharusnya sudah menggunakan e-Faktur. Solusi : Rekam pajak keluaran nya terlebih dahulu dan lakukan upload.

  36. Kode Error : ETAX-20030 Deskripsi Error : Tanggal retur tidak boleh lebih kecil dari tanggal faktur. Penyebab : Menginput tanggal retur lebih kecil dari tanggal faktur yang diretur. Solusi : Isikan tanggal retur lebih besar sama dengan tanggal faktur pajak yang diretur.

  37. Kode Error : ETAX-20031 Deskripsi Error: Masa retur tidak boleh lebih kecil dari tanggal retur. Penyebab : Menginput masa retur lebih kecil dari tanggal retur Solusi : Isikan masa retur sama dengan bulan retur

  38. Kode Error : ETAX-20032 Deskripsi Error :Saldo DPP untuk etur kurang. Penyebab : Mengisi nilai DPP retur lebih besar dari nilai DPP faktur yang diretur.

  39. Kode Error : ETAX-200033 Deskripsi Error : Saldo PPN untuk retur kurang Penyebab : Mengisi nilai PPN retur lebih besar dari nilai DPP faktur yang diretur

  40. Kode Error : ETAX-2034 Deskripsi Error : Saldo PPnBM untuk retur kurang Penyebab : Mengisi nilai PPnBM retur lebih besar dari nilai DPP faktur yang diretur

  41. Kode Error : ETAX-20035 Deskripsi Error : a. Masa faktur kurang dari tanggal ETAXReady, Faktur Non ETax. b. DPP tidak boleh lebih kecil dari 0 Penyebab : a. Merekam/mengimpor faktur dengan masa pelaporan sebelum ditetapkan sebagai pengguna e-faktur. b. Cukup jelas. Solusi : a. Silahkan cek tanggal faktur pajak. Faktur pajak dengan tanggal transaksi sebelum ditetapkan sebagai pengguna etax tidak bisa dibuat melalui aplikasi e-faktur. b. Cukup jelas.

  42. Kode Error : ETAX-20036 Deskripsi Error : a. NPWP tidak terdaftar b. PPN tidak boleh lebihh kecil dari 0 Penyebab : Cukup jelas Solusi : Cukup jelas

  43. Kode Error : ETAX-20037 Deskripsi Error : PPnBM tidak boleh lebih kecil dari 0 Penyebab : Cukup jelas. Solusi : Cukup jelas.

  44. Kode Error : ETAX-20038 Deskripsi Error :Faktur Pajak Batal tidak ditemukan.

  45. Kode Error : ETAX-20039 Deskripsi Error : Tidak ditemukan faktur yang akan diganti. Penyebab : Salah mengisi Nomor Seri Faktur Pajak yang akan diganti. Solusi : Pastikan kembali Nomor Seri Faktur Pajak yang akan diganti.

  46. Kode Error : ETAX-20040 Deskripsi Error : Faktur tidak dapat dibuat. (Kode jenis transaksi 07..) Penyebab : Skema impor kolom id_keterangan_tambahan tidak diisi atau diisi tapi dengan nilai data yang tidak sesuai dengan ketentuan. Solusi : Untuk kode jenis transaksi 07/08, kolom id_keterangan_tambahan harus diisi dan nilai nya sesuai dengan ketentuan skema impor.

  47. Kode Error :ETAX-20041 Deskripsi Error : Nilai DPP tidak cukup.

  48. Kode Error : ETAX-20042 Deskripsi Error : Nilai PPN tidak cukup.

  49. Kode Error :ETAX-20043 Deskripsi Error : Nilai PPnBM tidak cukup.

  50. Kode Error : ETAX-20044 Deskripsi Error : SPT Kurang Bayar Penyebab : Membuat file CSV untuk SPT Kurang Bayar tanpa merekam SSP terlebih dahulu. Solusi : Dalam hal SPT Kurang Bayar, rekam terlebih dahulu SSP-nya.

  51. Kode Error : ETAX-20045 Deskripsi Error :SPT Lebih Bayar

  52. Kode Error :ETAX-30001 Deskripsi Error :Tidak dapat melakukan enskripsi/deskripsi

  53. Kode Error :ETAX-30002 Deskripsi Error :Tidak dapat melakukan hashing Penyebab : Sertifikat dipindahkan atau folder aplikasi dipindahkan Solusi :Pastikan file sertifikat ada dan tidak berpindah tempat penyimpanan. Dalam hal memindahkan sertifikat, setting kembali dari menu Administrasi Sertifikat.

  54. Kode Error :ETAX-30003 Deskripsi Error :Library Sigar Error

  55. Kode Error :ETAX-30004 Deskripsi Error : Error Upload Faktur

  56. Kode Error : ETAX-30005 Deskripsi Error : Error objek mapping Penyebab : Format isian data csv yang diimpor tidak sesuai dengan skema impor dari DJP. Solusi : Periksa kembali file csv dan pastikan isian data telah sesuai dengan skema impor DJP.

  57. Kode Error : ETAX-30006 Deskripsi Error : File tidak ditemukan Penyebab : File yang akan diimpor tidak ada Solusi : a. Periksa kembali lokasi tempat file CSV yang akan diimpor telah sesuai dengan lokasi file CSV yang ada di form Impor. b. Ulangi kembali proses impor dengan mengklik tombol “OPEN” dan arahkan ke folder file csv yang sebenarnya.

  58. Kode Error : ETAX-30007 Deskripsi Error : File tidak dapat dibaca

  59. Kode Error :ETAX-30008 Deskripsi Error :Algoritma Hash tidak ditemukan.

  60. Kode Error : ETAX-30009 Deskripsi Error :Report tidak dapat dibuat.

  61. Kode Error : ETAX-30010 Deskripsi Error :Disk I/O error.

  62. Kode Error : ETAX-30011 Deskripsi Error : Profil belum diregister Penyebab : Belum melakukan update profile pada aplikasi e-faktur. Solusi : Lakukan update profile pada menu update profile.

  63. Kode Error : ETAX-30022 Deskripsi Error : File Certificate belum tersedia. Pilih file certificate terlebih dahulu di Administrasi. Penyebab : Belum pernah mendaftarkan file certificate pada aplikasi e-faktur. Solusi :Daftarkan file Certificete yang dimiliki pada menu administrasi sertifikat.

  64. Kode Error : ETAX-30023 Deskripsi Error : File Certificate tidak bisa dipakai. Penyebab : Format Certificate Salah, File Certificate tidak bisa ditemukan, Certificate bukan milik user terdaftar,Tidak ditemukan Certificate yang benar untuk user. Solusi : Pastikan menggunakan file sertifikat digital yang telah diberikan oleh DJP

  65. Kode Error :ETAX-30024 Deskripsi Error :Harga Barang/Jasa tidak boleh lebih kecil sama dengan 0. Penyebab : Cukup jelas. Solusi : Cukup jelas.

  66. Kode Error : ETAX-30025 Deskripsi Error : Faktur sedang dalam proses upload ke DJP.

  67. Kode Error : ETAX-30026 Deskripsi Error : Faktur sudah diapproved oleh DJP

  68. Kode Error : ETAX-30027 Deskripsi Error : Tanggal faktur sebelum ETAX ready. Penyebab : Merekam/mengimpor data dari faktur pajak keluar dengan tanggal faktur sebelum PKP ditetapkan sebagai pengguna e-Faktur. Solusi : Cek tanggal faktur pajak. Faktur Pajak dengan tanggal transaksi sebelum ditetapkan sebagai pengguna etax tidak bisa di buat melalui aplikasi e-Faktur.

  69. Kode Error : ETAX-30028 Deskripsi Error : Tanggal salah.

  70. Kode Error : ETAX-30029 Deskripsi Error : Nomor faktur tidak benar. Penyebab : a. Nomor faktur yang diinput tidak sesuai dengan tanggal faktur. b. Merekam/mengimpor dokumen lain sebagai pengganti untuk dokumen lain yang belum direkam di aplikasi. Solusi : a. Cek nomor faktur dan tanggal faktur. Faktur dengan nomor xxx-yy.xxxxxxxx hanya bisa dipakasi untuk penyerahan di tahun yy. b. Rekam/Impor terlebih dahulu dokumen lain yang akan diganti. Setelah itu rekam/impor dokumen lain penggantinya.

  71. Kode Error : ETAX-30030 Deskripsi Error : Nomor retur sudah terdaftar. Penyebab : Nomor retur dan nomor faktur pajak yang diretur yang direkam/diimpor sudah ada didatabase. Solusi : Cek kembali data dokumen retur yang akan direkam. Pastikan nomor retur dan faktur pajak nya sudah benar dan belum pernah direkam/impor sebelumnya.

  72. Kode Error : ETAX-30031 Deskripsi Error : Dokumen lain tidak lengkap. Penyebab : a. Mengisi kolom DK_DM untuk dokumen lain dengan isian selain DK/DM. B. Kolom isian kurang atau format isi data nya tidak sesuai dengan skema impor dokumen lain. Solusi : Periksa file CSV, cek kolom dan isian datanya. Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP.

  73. Kode Error :ETAX-40001 Deskripsi Error :Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server Penyebab : a. Tidak terhubung dengan internet. b. Sertifikat Elektronik sudah expired atau direvoke. c. Koneksi ke DJP di https://svc.efaktur.pajak.go.id diblok sehingga tidak bisa terkoneksi. Solusi : a. Cek koneksi internet, pastikan PC terhubung dengan internet. Apabila koneksi internet dengan proxy, pastikan sudah melakukan setting proxy aplikasi dengan benar di menu Referensi>Setting Aplikasi. b. Silahkan ajukan permintaaan sertifikat elektronik yang baru.

  74. Kode Error : ETAX-40002 Deskripsi Error : Error di service Penyebab : a. Koneksi ke DJP di https://svc.efaktur.pajak.go.id di blok sehingga tidak bisa terkoneksi. b. Bisa dari antivirus, firewall atau settingan proxy nya. c. Date-Time PC tidak sesuai dengan kondisi real. Solusi : a. Silahkan hubungi Network Administrator untuk melakukan pengaturan agar dapat terhubung ke https://svc.efaktur.pajak.go.id atau gunakan internet direct/modem untuk menjalankan e-Faktur. b. Periksa antivirus, firewall dan settingan proxy pastikan koneksi keDJP tidak diblok. c. Silahkan setting date-time PC sesuai dengan tanggal saat ini.

  75. Kode Error :ETAX-40003 Deskripsi Error : Error di service session

  76. Kode Error : ETAX-40004 Deskripsi Error : User tidak dapat mengakses service. Penyebab : Salah mengisi captcha, password ataupun passphrase. Solusi : a. Pastikan sudah menginputkan passphrase dengan benar. Dalam hal muncul error setelah merekam passphrase silahkan ulangi dari proses load sertifikat elektronik. b. Pastikan menginputkan kode aktivasi berupa kombinasi huruf kapital-angka dan tanpa format. c. Pastikan menginputkan captcha dengan benar. Jika kurang jelas, silahkan tekan tombol refresh. d. Pastikan menginputkan password dengan benar.

  77. Kode Error :ETAX-40006 Deskripsi Error : Error Update.

  78. Kode Error : ETAX-40007 Deskripsi Error : URL tidak sesuai dengan format.

  79. Kode Error : ETAX-40008 Deskripsi Error : Versi Aplikasi e-Faktur belum terupdate.

  80. Kode Error : ETAX-40009 Deskripsi Error : Tidak dapat meload konfigurasi aplikasi.

  81. Kode Error : ETAX-40010 Deskripsi Error : Tidak dapat menyimpan konfigurasi aplikasi Penyebab : Folder Aplikasi e-Faktur berada di drive yang membutuhkan UAC (User Account Control) tinggi yakni Administrator. Solusi : Pindahkan lokasi folder Aplikasi e-Faktur ke driveyang tidak membutuhkan UAC Administrator.

  82. Kode Error : ETAX-40011 Deskripsi Error : Tidak dapat melanjutkan.

  83. Kode Error : ETAX-50001 Deskripsi Error : Tidak dapat mendapatkan summary dokumen PK PM.

  84. Kode Error : ETAX-50002 Deskripsi Error : Tidak dapat membentuk SPT baru.

  85. Kode Error : ETAX-50003 Deskripsi Error : Tidak dapat membentuk SPT. Penyebab : Terdapat prosedur-rosedur yang belum dilakukan dalam proses membentuk SPT. Solusi : a. Pastikan seluruh isian data di Induk dan Lampiran AB sudah diisi dan disimpan. b. Dalam hal membuat SPT Pembetulan, pastikan SPT normal nya sudah dibuat.

  86. Kode Error : ETAX-50004 Deskripsi Error : Tidak bisa membentuk file CSV. Penyebab : Terdapat kolom-kolom dalam aplikasi yang belum diisi dengan lengkap (misalnya: tanggal lapor) atau belum melakukan update profile. Solusi : Pastikan kolom-kolom dalam SPT Masa telah diisi dan telah mengisi profile PKP dengan lengkap.

  87. Kode Error : ETAX-50005 Deskripsi Error : Tidak bisa membentuk PDF. Penyebab : Terdapat kolom-kolom dalam aplikasi yang belum diisi dengan lengkap (misalnya: tanggal lapor) atau belum melakukan update profile. Solusi : Pastikan kolom-kolom dalam SPT Masa telah diisi dan telah mengisi profile PKP dengan lengkap.

II. Kode Error e-Faktur 1.0 Kategori ETAX-Service

  1. Kode Error : ETAXSERVICE-10001 Deskripsi Error :Error database. Penyebab : Gunakan e-Faktur web based.

  2. Kode Error : ETAXSERVICE-10002 Deskripsi Error : Tidak dapat mengambil data.

  3. Kode Error : ETAXSERVICE-10003 Deskripsi Error : Tidak dapat mengambil data.

  4. Kode Error : ETAXSERVICE-10004 Deskripsi Error : Data digunakan sebagai referensi.

  5. Kode Error : ETAXSERVICE-10005 Deskripsi Error : Data tidak di temukan.

  6. Kode Error : ETAXSERVICE-20001 Deskripsi Error : Nomor Faktur tidak ditemukan. Penyebab : Faktur Pajak belum di upload oleh PKP penjual atau di DB e-Faktur statusnya gantung Solusi : Pastikan PKP penjual melakukan upload Faktur Pajak Keluaran, call TIP.

  7. Kode Error :ETAXSERVICE-20002 Deskripsi Error : Session tidak di temukan.

  8. Kode Error :ETAXSERVICE-20003 Deskripsi Error : Lawan transaksi bukan e-Nofa.

  9. Kode Error :ETAXSERVICE-20004 Deskripsi Error : Lawan Transaksi bukan e-Tax user.

  10. Kode Error :ETAXSERVICE-20005 Deskripsi Error : Faktur dibuat sebelum PKP e-Tax.

  11. Kode Error :ETAXSERVICE-20006 Deskripsi Error : Nomor Faktur yang akan diganti tidak ditemukan. Penyebab : Salah mengisis Nomor Seri Faktur Pajak yang akan di ganti. Solusi : Pastikan Nomor Seri Faktur Pajak yang akan diganti adalah benar.

  12. Kode Error :ETAXSERVICE-20007 Deskripsi Error : Tanggal faktur pengganti tidak boleh lebih kurang dari tanggal faktur. Penyebab : Tanggal faktur pengganti kurang dari Tanggal Faktur Pajak yang diganti. Solusi : Tanggal Faktur Pajak pengganti minimal sama dengan Tanggal Faktur Pajak yang diganti.

  13. Kode Error : ETAXSERVICE-20008 Deskripsi Error : Nomor Faktur sudah digunakan. Penyebab :Atas Nomor Seri Faktur Pajak tersebut telah dilakukan upload. Solusi : Diganti dengan Nomor Seri Faktur Pajak yang lain.

  14. Kode Error :ETAXSERVICE-20009 Deskripsi Error : Flag Pengganti untuk Nomor Faktur salah.

  15. Kode Error : ETAXSERVICE-20010 Deskripsi Error : Retur Faktur untuk Faktur sudah terdaftar.

  16. Kode Error : ETAXSERVICE-20011 Deskripsi Error : Saldo DPP lebih kecil dari nilai retur. Penyebab : Cukup jelas. Solusi : Pastikan nilai retur harus lebih kecil dari Saldo DPP.

  17. Kode Error : ETAXSERVICE-20012 Deskripsi Error : Saldo PPN lebih kecil dari nilai retur. Penyebab : Cukup jelas. Solusi : Pastikan nilai PPN retur lebih kecil dari saldo PPN.

  18. Kode Error : ETAXSERVICE-20013 Deskripsi Error : Saldo PPnBM lebih kecil dari nilai retur. Penyebab : Cukup jelas. Solusi : Pastikan nilai PPnBM atas retur lebih kecil dari saldo PPnBM.

  19. Kode Error : ETAXSERVICE-20014 Deskripsi Error : Tidak dapat menggenerate approval code.

  20. Kode Error :ETAXSERVICE-20015 Deskripsi Error : a. Retur di buat sebelum PKP Etax Ready. b. NPWP lawan transaksi tidak ditemukan. Penyebab : NPWP lawan transaksi tidak ditemukan dalam database masterfile DJP atau merupakan NPWP NE (Non Efektif)/ NPWP telah dicabut. Solusi : Melakukan konfirmasi kepada pembeli atas NPWP yang bersangkutan. Dalam PKP pembeli akan pengkreditan maka dapat menggukan NPWP 00.000.000.0-000.000. Dalam PKP pembeli akan mengkreditkan faktur pajak tersebut maka disarankan untuk mengaktifkan NPWP terlebih dahulu.

  21. Kode Error : ETAXSERVICE-20016 Deskripsi Error : Retur harus terdaftar di ETax Invoice DJP. Penyebab : Lawan transaksi adalh pengguna e-Faktur dan belum mengupload Retur PM nya. Solusi : Konfirmasikan ke lawan transaksi untuk di upload Retur PM-nya, kemudian upload ulang Retur PK-nya.

  22. Kode Error : ETAXSERVICE-20017 Deskripsi Error : Client tidak terdaftar. Penyebab : Menjalankan aplikasi e-Faktur yang sudah direset (status nya non aktif). Solusi : a. Silahkan cek status aktivasi aplikasi efaktur.pajak.go.id halaman profile User. b. Dalam hal statusnya belum aktif.

    • Silahkan lakukan registrasi ulang aplikasi aplikasi e-Faktur dengan installer baru.
    • Dalam hal sudah menginput faktur di aplikasi yang sudah non-aktif, silahkan lakukan ekspor data faktur.
    • File csv hasil ekspor dari aplikasi e-Faktur yang baru saja di registrasi. c. Dalam hal statusnya sudah aktif
    • Pastikan untuk menjalankan aplikasi dari folder aplikasi yang diregistrasi terakhir kali.
    • Dalam hal sudah menginput faktur di aplikasi yang sudah non aktif, silahkan lakukan ekspor data faktur untuk diimpor ke aplikasi e-Faktur yang aktif.
    • Dalam hal aplikasi yang statusnya aktif tidak juga ditemukan silahkan lakukan reset aplikasi Client kembali dari e-Nofa Online.
  23. Kode Error : ETAXSERVICE-20018 Deskripsi Error : Client desktop aktif terdaftar lebih dari satu.

  24. Kode Error : ETAXSERVICE-20019 Deskripsi Error : Cliet sudah diaktivasi. Penyebab : Melakukan registrasi aplikasi e-Faktur yang sudah pernah diregister/diaktivasi sebelumnya. Terjadi akibat: a. Disaat proses registrasi e-Faktur, PKP sedang menjalankan aplikasi e-Faktur langsung dai file installer yang masih berbentuk zip tanpa melakukan ekstrak file terlebih dahulu. b. Menjalankan aplikasi dari folder yang berbeda dengan folder aplikasi yang dilakukan pada saaat proses registrasi. Solusi : a. Jalankan aplikasi dari folder aplikasi dengan folder db yang sudah teregister. b. Dalam hal folde db tidak ada (hilang/terhapus/dll), silahkan lakukan reset aplikasi e-Faktur dari akun pkp di efaktur.pajak.go.id

  25. Kode Error : ETAXSERVICE-20020 Deskripsi Error : Nomor seri faktur pajak tidak valid. Nomor Pajak Bukan jatah. Penyebab : Bagi PKP penerbit: Nomor Seri Faktur Pajak tidak valid (bukan merupakan jatah PKP yang bersangkutan) Bagi PKP pembeli:Nomor seri faktur pajak PKP penjual tidak valid. Solusi : Pastikan kepada PKP penjual atas validitas NSFP tersebut.

  26. Kode Error : ETAXSERVICE-20021 Deskripsi Error : Upload Faktur Corrupt, ulang kembali. Penyebab : Ada karakter yang buklan standar UTF-8 pada kolom inputan Nama/Alamat lawan transaksi, Referensi, Kode/Nama Barang. Biasanya terjadi karena pada saat input data melakuakn copy-paste dari excel/word atau pun karena outputan dari sistem lain pada file csv impor faktur. Contoh: karakter ‎. Solusi : a. Perbaiki faktur. Pastikan menginput langsung dengan menggunakan keyboard standar US dan hindari copy-paste. b. Upload ulang faktur.

  27. Kode Error : ETAXSERVICE-20022 Deskripsi Error : Lawan Transaksi bukan PKP. Penyebab : Faktur Pajak diterbitkan oleh bukan PKP. Solusi : Faktiur Pajak hanya dapat diterbitkan oleh Pengusaha Kena Pajak.

  28. Kode Error :ETAXSERVICE-20023 Deskripsi Error : Faktur tidak valid, di buat sebelum PKP. Penyebab : Faktur pajak diterbitkan pada saat penjual tidak berstatus sebagai PKP. Solusi :Pastikan tanggal transaksi apakah di lakukan setelah dikukuhkan menjadi PKP atau sebelumnya.

  29. Kode Error : ETAXSERVICE-20025 Deskripsi Error : Tanggal Faktur Pajak lebih kecil dari tanggal Nomor Seri Faktur, Tanggal Faktur tidak dapat diterima Penyebab : Tanggal Faktur Pajak lebih muda dari tanggal Surat Pemberitahuan Nomor Seri Faktur Pajak. Solusi : Pastikan kembali Nomor Seri Faktur Pajak digunakan setelah tanggal pemberitahuan.

  30. Kode Error : ETAXSERVICE-400002 Deskripsi Error : User tidak ditemukan. Penyebab :Kode Aktivasi/Serial Number yang diinputkan salah. Solusi : Pastikan saat menginput Kode Aktivasi/Serial Number dengan benar. Kode Aktivasi/Serial Number merupakan kombinasi huruf kapitalangka tanpa format. Kode Aktivasi e-Faktur bisa dilihat di efaktur.pajak.go.id menu Profil User.


Tagar

efaktur

Redaksi PajakInd

Tim Penulis di PajakInd

Artikel Terkait

Kode Error e-Faktur 2.0 dan 3.0, Solusi dan Penyebabnya
June 21, 2021
10 mnt
© 2021, All Rights Reserved.

PajakInd

Tentang KamiUnduh Aplikasi PajakIndHubungi

Media Sosial