BerandaPenulisHubungi

Cara Validasi NPWP

Oleh Redaksi PajakInd
Diterbitkan di NPWP
November 05, 2020
1 mnt membaca

Terkadang Wajib Pajak mendapat NPWP yang tidak valid, NPWP tidak aktif lagi, atau bahkan NPWP palsu. Validasi NPWP adalah mengecek kebenaran atas nomor NPWP yang wajib Pajak miliki. Berikut ini adalah data-data terkait nomor NPWP:

  • Data pembayaran pajak
  • Data pelaporan SPT
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Direktur atau penanggung jawab

Untuk melihat apakah benar tidaknya NPWP yang Wajib Pajak miliki, tidak bisa Wajib Pajak dapatkan secara online dan satu-satunya cara untuk mengecek data-data tersebut adalah dengan cara datang langsung ke KPP terdekat.

Validasi Nomor NPWP

Validasi nomor NPWP hanya mengecek apakah nomor NPWP yang Wajib Pajak miliki valid atau tidak valid, maksud dari valid dan tidak valid disini adalah sususan angka pada nomor NPWP secara sistem dibuat sedemikian rupa sehingga susunan angka tersebut memiliki pola tertentu. Untuk melihat kebenarannya Wajib Pajak harus datang langsung ke KPP terdekat, karena di kantor pajak setiap NPWP asli dan berstatus masih aktif pasti akan muncul di dalam sistem perpajakan.

Validasi NPWP Berstatus PE

Ketika Wajib Pajak sudah pernah melakukan kewajiban pelaporan SPT Tahunan, mungkin saja Wajib Pajak pernah menemui cetakan tanda terima pelaporan SPT Tahunan terdapat tulisan “berstatus PE”. Jika berstatus PE berarti Wajib Pajak baru mendaftarkan diri untuk memiliki NPWP dan seharusnya Wajib Pajak belum wajib untuk lapor SPT Tahunan. Walaupun demikian, wajib Pajak tetap boleh untuk lapor SPT Tahunan, hanya saja jika Wajib Pajak tidak lapor SPT Tahunan maka Wajib Pajak belum akan dikenakan sanksi pajak.

Validasi NPWP Berstatus NE

Nomor Pokok Wajib Pajak berstatus NE merupakan pemeberitahuan bahwa NPWP Wajib Pajak saat ini tida dapat digunakan karena telah berstatus Non Efektif. Hal ini bisa Wajib Pajak Pajak temui saat lapor SPT Tahunan secara online. Wajib Pajak yang berstatus NE tidak wajib untuk lapor SPT Tahunan, namun jika Wajib Pajak tetap ingin melaporkan SPT Tahunan, maka Wajib Pajak harus terlebih dahulu mengaktifkan kembali Kartu NPWP Wajib Pajak. Untuk mengaktifkan NPWP NE, Wajib Pajak cukup mengisi formulir permohonan pengaktifan kembali Wajib Pajak non efektif.


Tagar

npwpvalidasi

Redaksi PajakInd

Tim Penulis di PajakInd

Artikel Terkait

Cara Mengubah Data NPWP
November 05, 2020
2 mnt
© 2021, All Rights Reserved.

PajakInd

Tentang KamiUnduh Aplikasi PajakIndHubungi

Media Sosial