BerandaPenulisHubungi

Ketentuan Pajak UMKM Ditanggung Pemerintah

Oleh Redaksi PajakInd
Diterbitkan di Insentif Pajak
September 10, 2021
1 mnt membaca

Insentif pajak penghasilan (PPh) final usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ditanggung pemerintah (DTP) merupakan salah satu insentif pajak yang diperpanjang pemerintah sampai Desember 2021. Untuk mendapatkan fasilitas itu, wajib pajak harus memenuhi sejumlah kriteria dan ketentuan.

Tidak seperti insentif PPh Pasal 21 DTP atau diskon angsuran PPh Pasal 25, wajib pajak yang ingin mendapatkan insentif pajak UMKM tidak perlu mengajukan permohonan ulang. Wajib pajak cukup melaporkan realisasi PPh final DTP tersebut.

Insentif pajak berikutnya untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM mendapatkan pembebasan PPh Final PP 23 Tahun 2018 tarif 0,5% dari omzet bruto. Artinya, tarif PPh Final sebesar 0,5% dari pendapatan bruto UMKM ini ditanggung oleh pemerintah (DTP).

Dengan demikian pelaku UMKM tidak perlu setor pajak dan pihak-pihak yang melakukan transaksi dengan UMKM juga tidak perlu memotong atau memungut pajak saat melakukan pembayaran kepada pelaku UMKM.

A. Pemotong/pemungut harus membuat SSP dengan ketentuan khusus

Namun, pemotong atau pemungut pajak harus membuat Surat Setoran Pajak (SSP) atau cetakan Kode Billing yang dibubuhi cap atau tulisan “PPh FINAL DITANGGUNG PEMERINTAH EKS PMK NOMOR …./PMK.03/2021” pada kolom uraian pembayaran SSP atau kolom uraian aplikasi pembuatan Kode Billing atas transaksi.

B. Cara mengajukan insentif pajak UMKM PPh Final 0,5% ditanggung pemerintah

Pelaku UMKM yang ingin mendapatkan insentif ini, tidak perlu mengajukan surat keterangan PP 23 Tahun 2018, tapi cukup menyampaikan laporan realisasi pemanfaatan insentif PPh Final DTP setiap bulan.

Menyampaikan laporan realisasi PPh Final DTP melalui saluran tertentu pada laman www.pajak.go.id, dengan menggunakan format seperti berikut:

Contoh-formulir-laporan-realisasi-insentif-pajak-PPh-Final-DTP-UMKM


Tagar

insentif pajak

Redaksi PajakInd

Tim Penulis di PajakInd

Artikel Terkait

Insentif Pajak Pembebasan PPh Pasal 22 Impor Dimasa Pandemi
September 08, 2021
1 mnt
© 2021, All Rights Reserved.

PajakInd

Tentang KamiUnduh Aplikasi PajakIndHubungi

Media Sosial