BerandaPenulisHubungiMasuk
Pemprov Jatim Kembali Menggelar Program Pemutihan Pajak  Kendaraan Bermotor Loh, Penasaran? yuk simak

Pemprov Jatim Kembali Menggelar Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Loh, Penasaran? yuk simak

Oleh Redaksi PajakInd
25 October 2021
2 menit membaca

Pemutihan Pajak adalah program pemerintah yang dilakukan untuk meringankan dan meningkatan kesadaran masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan. Hal ini jadi kabar baik, karena terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapat bagi pemilik kendaraan yang telat membayar pajak kendaraan bermotor.

Syarat Pemutihan Pajak Kendaraan

Untuk bisa mendapatkan layanan ini, syarat yang harus dipenuhi cukup mudah loh, yaitu harus membawa fotokopi KTP, STNK, dan datang di saat hari dilaksanakannya pemutihan tersebut.

Mengapa dan kapan Pemutihan ini diberikan?

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali memberikan program pemutihan dan insentif berupa diskon pajak kendaraan bermotor. Pemutihan dan insentif pajak ini digelar untuk menyambut momentum HUT ke-76 Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, Pemprov Jatim juga telah meluncurkan diskon pajak dengan potongan PKB sebesar 15 persen untuk kendaraan roda 2 dan 3, serta 5 persen untuk kendaraan roda 4 dan seterusnya.

Insentif dan Diskon yang diberikan saat ini nilainya lebih besar dibandingkan diskon yang pernah diterapkan sebelumnya. Program pemutihan kali ini berlaku dalam bentuk pembebasan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pembebasan denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) serta pembebasan pokok BBNKB ke 2, 3, dan seterusnya. Berikut ini adalah persentasenya:

  1. Untuk kendaraan roda 2 dan 3 diskon Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar 20 persen;
  2. Untuk kendaraan roda 4 dan seterusnya diberikan diskon sebesar 10 persen.

Diketahui bahwa program pemutihan dan insentif berupa diskon pajak kendaraan bermotor ini dimulai pada 9 September 2021 s.d 9 Desember 2021 mendatang. Pemberlakuan ini digulirkan setelah sebelumnya sukses dengan program Diskon Ramadan, seperti halnya program sebelumnya telah dimanfaatkan 3,09 juta Wajib Pajak, maka diskon kali ini juga diperuntukkan bagi kendaraan dengan plat dasar hitam dan kuning, baik pribadi maupun badan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur, Abimanyu Poncoatmodjo Iswinarno mengatakan setiap obyek pajak dengan masa pembayaran hingga 31 Desember mendatang berhak memanfaatkan program ini. Dengan ketentuan, setiap Wajib Pajak mendapatkan satu kali pengurangan atau diskon PKB. “Melalui skema pemutihan dan diskon pajak tersebut, kami berharap mampu meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang diiringi dengan penerapan PPKM Darurat hingga PPKM level 2,3, dan 4” katanya, Kamis (9/9/2021).

“Agar lebih mudah dan cepat, masyarakat bisa memanfaatkan pembayaran PKB secara digital baik melalui Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bank Jatim, Linkaja atau chanel lainnya. Tidak perlu datang ke Samsat, karena dengan membayar secara digital Wajib Pajak bisa langsung mengantongi pengesahan pajak berbasis QR-Code,” Pungkasnya.

Nah bagaimana? sudahkah memanfaatkan program tersebut? bagi yang belum jangan lupa untuk menjalankan kewajiban untuk membayar pajak ya dan yang penting memanfaatkan programnya okee!


Tagar

kendaraanpemutihan

Redaksi PajakInd

Tim Penulis di PajakInd

Artikel Terkait

Jangan lewatkan, wilayah-wilayah ini gelar program pemutihan pajak kendaraan bermotor, yuk simak wilayah mana saja
Jangan lewatkan, wilayah-wilayah ini gelar program pemutihan pajak kendaraan bermotor, yuk simak wilayah mana saja
01 November 2021
3 mnt
© 2021, PT Solusi Anak Negeri.

PajakInd

Unduh Aplikasi PajakIndInformasi Tax Amnesty Kedua

Media Sosial