BerandaPenulisHubungi

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Oleh Redaksi PajakInd
April 22, 2021
4 mnt membaca

Pemutihan pajak kendaraan bermotor adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh negara guna menertibkan para wajib pajak yang telah lama tidak membayarkan kewajibannya dalam membayar pajak kendaraan dengan cara tidak atau menghapus beban denda keterlambatan pembayaran selama periode tertentu.

Peraturan Gubernur tentang Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Program pemutihan atau penghapusan pajak kendaraan bermotor kembali hadir pada awal tahun 2021, ada tiga daerah di Indonesia yang memberlakukan kebijakan ini yaitu Jambi, Yogyakarta, dan Banten.

1. Provinsi Jambi

Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Heru Sutopo, S.I.K, melalui Kasubdit Regident AKBP Nurbani, S.I.K mengumumkan adanya Program pemutihan Pajak 2021 untuk masyarakat Kota Jambi berdasarkan keputusan Gubernur Jambi No.17/KEP.GUB/BAKEUDA.2.2/2021 Tanggal 04 Januari 2021. Melalui akun Instagram resmi miliknya (Samsat Kota Jambi) mengumumkan program bertajuk Double Untung Pemutihan Pajak mulai dari Tanggal 06 Januari s/d 30 Juni 2021. Di jelaskan pada pasal 2 Peraturan Gubernur tersebut bahwa kebijakan ini meliputi penghapusan denda pajak kendaraan dengan kenaikan 25% dan bunga sebesar 2% dari pokok PKB dan BBNKB. Adapun syarat dan ketentuan Program Pemulihan Pajak 2021 ini antara lain adalah :

  1. Pembebasan Pokok dan Sanksi administratif BBNKB-II untuk permohonan Balik Nama dalam daerah dan luar daerah
  2. Pembebasan Pokok dan Sanksi administratif BBN-KB (lelang kendaraan bermotor hasil rampasan/sitaan/eksekusi Negara, kendaraan dinas Pemerintah, Perusahaan pembiayaan/lesing)
  3. Pembebasan Sanksi administratif PKB yang telah lewat tanggal jatuh tempo
  4. Pembebasan Sanksi administratif BBNKB-I
  5. Pembebasan Sanksi administratif pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor I, II, dan Lelang yang telah lewat tanggal jatuh tempo
  6. Dokumen yang harus dibawa: • Untuk Balik Nama (KTP Copy, STNK Asli, BPKB Asli, Cek Fisik & Kwitansi Pembelian) • Untuk Perpanjangan Tahunan (KTP Asli, STNK Asli)
  7. Berlaku mulai tanggal 06 Januari s/d 30 Juni 2021

Pembayaran Tahunan PKB melalui:

Samsat Induk, Samsat Keliling, Pos Samsat Thehok, Gerai Samsat (WTC, Transmart dan Jamtos), ATM Bank Jambi, Mobile Banking, Pos Pelayanan Samsat di Seluruh Provinsi Jambi.

Pembayaran 5 Tahunan (Ganti STNK) melalui:

Samsat Induk Wilayah Kab/Kota sesuai alamat STNK

Program Pemutihan Tidak Berlaku untuk:

  1. Pokok Tahun Lalu/Tahun Lewat serta Denda SWDKLLJ Tahunan berjalan
  2. PNBP Pengurusan : STNK, TNKB, BPKB, Mutasi Keluar, STCK, TCKB, Nomor pilihan R4

2. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Selain Jambi, Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga memberlakukan kebijakan berdasarkan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 101 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Penghapusan Sanksi Administratif Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020.

Dengan berakhirnya perpanjangan masa penghapusan sanksi administratif pajak kendaraan bermotot dan sanksi administratif bea balik nama kendaraan bermotor pada tanggal 31 Desember 2020, Gubernur DIY Hamengku Buwono X kembali melakukan perubahan terhadap Peraturan Gubernur DIY Nomor 26 tahun 2020 Tentang Penghapusan Sanksi Administratif Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020 dengan mengesahkan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 101 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Peraturan Gubernur DIY Nomor 26 Tahun 2020.

Pada Pasal 2 ayat 1 Pergub DIY Nomor 101 Tahun 2020 dijelaskan bahwa “Penghapusan sanksi administratif PKB dan sanksi administratif BBN-KB dilakukan terhadap pemilik Kendaraan Bermotor yang melakukan Pendaftaran dan/atau pembayaran sampai dengan tanggal 30 Juni 2021.

3. Provinsi Banten

Pemerintah Provinsi Banten memutuskan untuk menghapus denda pajak kendaraan bagi warga nya. Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, kebijakan pengurangan denda pajak kendaraan bertujuan untuk meringankan beban masyarakat. Hal tersebut terungkap pada saat menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Banten pada hari Kamis, 05 November 2020.

Lebih jauh lagi, Gubernur Wahidin mengatakan, kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Banten Nomor 60 Tahun 2020. Setiap daerah memiliki kebijakan serta aturan yang berbeda-beda untuk waktu pemutihan pajak kendaraan bermotor. Pemerintah Provinsi Banten sebelumnya telah menetapkan untuk mengakhiri program pemutihan ini pada 23 Desember 2020 lalu, dan kabar baiknya program bebas biaya administrative dan pemberian diskon tersebut telah diperpanjang hingga Juni 2021 mendatang.

Pemerintah Provinsi Banten memberikan program bebas bea balik nama, denda PKB, dan tarif progresif pokok tunggakan. Selain itu, juga diberikan diskon Pajak Kendaraan Bermotor, tunggakan tahun ke-5, dan diskon BBNKB I.

Tujuan dilakukan pemutihan Pajak Kendaraan

Pemutihan pajak kendaraan bermotor merupakan upaya Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mendapatkan atau menerima Pemasukan Asli Daerah (PAD). Pemutihan pajak kendaraan bermotor ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pemilik kendaraan bermotor yang menunggak pembayaran pajaknya pada tahun berjalan atau tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian, sebesar apapun denda keterlambatan, berkat diadakannya program pemutihan pajak kendaraan, wajib pajak cukup membayar pajak pokoknya saja. Selain itu, pemutihan pajak kendaraan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan atas pajak kendaraan bermotor.

Syarat Pemutihan Pajak Kendaraan bermotor

Berikut hal-hal yang perlu di siapkan sebagai syarat pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), antara lain:

  • STNK (asli dan fotokopi)
  • KTP(atas nama pemilik kendaraan asli dan fotokopi)
  • BPKB (asli dan fotokopi)
  • Map kuning (untuk sepeda motor)
  • Map merah (untuk mobil)
  • Uang pembahyaran pajak pokok
  • Serta kwitansi pembelian kendaraan ke samsat yang telah ditunjuk. Jika kendaraan Anda berasal dari luar kota, sebaiknya Anda meminta dan membawa surat bantuan pengecekan fisik dari kota asalnya hal itu guna mempercepat proses pemutihan kendaraan Anda. Contohnya Eko membawa kendaraan dari Yogyakarta ke Banten, agar proses pemutihan berjalan dengan cepat dan lancar maka Eko meminta surat cek fisik dari samsat Yogyakarta untuk selanjutnya surat tersebut digunakan sebagai pelengkap ketika mengajukan pemutihan pajak di Banten.

Lalu bagaimana dengan biaya balik nama? Apakah gratis selama masa pemutihan ini?

Jawabanya adalah YA, untuk biaya balik nama atau BBN di masa pemutihan ini juga akan digratiskan, Anda hanya wajib membayar pajak kendaraan bermotor atau PKB saja dan tidak akan dimintai untuk membayar jasa atas biaya balik nama tersebut

Contoh Kasus:

Bpk. Fahmi memiliki motor Ninja 250SL dengan plat kendaraan AB 4354 AFH dan sudah 2 tahun lamanya tidak membayarkan pajak atas STNK motor tersebut. Biasanya setiap keterlambatan akan dikenakan biaya denda, namun karena adanya pemutihan pajak kendaraan bermotor, maka Bpk. Fahmi hanya membayarkan pajak pokok saja dan tidak membayar denda.

Perhitungannya sebagai berikut:

Jika STNK telat diperpanjang, maka akan dikenakan denda PKB dan denda SWDKLLJ. Perhitungan Denda PKB: 25% per tahun.

Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12

Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12

Terlambat 1 tahun = PKB x 25% x 12/12

Terlambat 2 tahun = 2 x PKB x 25% x 12/12

Denda SWDKLLJ = Besarnya Rp 32.000 untuk roda 2 dan Rp 100.000 untuk roda 4.

Jumlah PKB tertera di STNK pertahun Bpk. Fahmi adalah Rp.208.000 dan SWDKLLJ Rp. 35.000. Maka, denda keterlambatan yang seharusnya dibayar bapak fahmi sebesar (2 x Rp. 208.000 (PKB) x 25% x 12/12) = Rp. 104.000 + Denda SWDKLLJ (32.000) = Rp. 136.000

Total yang seharusnya dibayarkan adalah sebesar Rp. 208.000 x 2 (PKB) + Rp. 35.000 (SWDKLLJ) + Rp. 136.000 (Denda) = Rp. 587.000

Namun, selama masa pemutihsn pajak kendaraan bermotor berjalan, pajak yang wajib di bayarkan Bpk. Fahmi adalah sebesar :

Rp. 208.000 x 2 (PKB) + Rp. 35.000 (SWDKLLJ) = 451.000 saja tanpa ditambah biaya denda administrasi.


Tagar

pajak kendaraan

Redaksi PajakInd

Tim Penulis di PajakInd

Artikel Terkait

Diskon Pajak Kendaraan Motor dan Mobil Jawa Timur
April 19, 2021
2 mnt
© 2021, All Rights Reserved.

PajakInd

Tentang KamiUnduh Aplikasi PajakIndHubungi

Media Sosial